USAHA BISNIS PLAN
Sa_Shi food caFe ‘Sae Slera
Tepi Pantai Pamekasan (Madura)
Disusun oleh :
ABDUL
KODIR
085514252
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI TEKNIK TENAGA LISTRIK
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2011
1.1 Latar Belakang
Penyusunan
Proposal Bisnis ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum tentang bisnis
kafe dan resto yang akan didirikan. Kafe ini akan bernama; Sa_Shi food caFe
‘SaE SleRa.
Mengingat
makin bertambah banyak masyarakat dan anak muda yang gemar makan di café dan
restaurant untuk mengisi waktu luang bersama rekan – rekannya. Dan
juga banyaknya masyarakat yang sering melakukan pertemuan – pertemuan di café –
café dan restaurant. “Sa_Shi food caFe ‘SaE SleRa” akan
menyajikan makanan – makanan bertema Seafood untuk
segmen semua kalangan didaerah kota padang
dikarenakan lokasi café dan restaurant yang berada ditepi pantai, dan sebagai
ciri khas adalah sate seafood disamping makanan seafood lainnya.
“Sa_Shi food caFe ‘SaE SleRa”
akan membuat aneka macam makanan dan minuman yang mana bahan bakunya tersedia
secara segar (fresh), tanpa bahan pengawet. Bahan
baku makanan/minuman tersebut langsung kami ambil dari pemasoknya. Seperti:
seafood, langsung dipesan dari nelayan dan setiap harinya harus diantar ke
restoran sesuai dengan kebutuhan per harinya;
sayur-sayuran dan buah-buahan, langsung dipesan dari supplier sayuran
dan buah organik.
Arsitektur “Sa_Shi
food caFe ‘SaE SleRa” dirancang dan dibangun secara
khusus dan berbeda dengan restoran lainnya yang ada di Padang. Hal
ini dimaksudkan agar pelanggan/konsumen merasa nyaman dan betah berlama-lama
sambil menikmati indahnya suasana pantai. Untuk semakin menambah kenyamanan
pelanggan, kami akan menyuguhi suatu live musik yang akan mengiringi pelanggan
saat menyantap makanan yang disajikan, dan juga Hotspot bagi para pelanggan yang ingin On Line, karena saat ini komunikasi melalui dunia maya sedang
digemari oleh semua tingkatan umur.
1.2 Tujuan
Secara garis besar tujuan dari “Sa_Shi
food caFe ‘SaE SleRa” akan melayani komunitas segmen pasar melalui makanan dan
minuman yang disajikan dengan kualitas yang baik, higienis, dan sehat yang
memiliki standarisasi gizi dan kesehatan makanan.
Tujuan pendirian usaha ini secara
umum :
1.
Untuk menyediakan makanan dan minuman dengan kualitas
yang baik dan higienis berdasarkan standar kesehatan dan kebersihan sesuai
orientasi perusahan terhadap konsumen.
2.
Berdasarkan lokasi “Sa_Shi food caFe ‘SaE SleRa”yaitu
di daerah pantai, diharapkan bisa menjadi tempat yang menarik dan nyaman dan
sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama, dengan segmentasi pasar yaitu
untuk keluarga dan anak muda.
3.
Membuka lahan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitarnya.
4.
Sebagai sarana pengelolaan sumber daya modal yang
bertujuan untuk mendapatkan laba.
5.
Secara perlahan – lahan mencoba membangun image pada konsumen
mengenai pentingnya makanan yang sehat.
Pemilik
“Sa_Shi food caFe ‘SaE SleRa” bermaksud untuk menjadikan sebagai
Café & Restaurant yang terkemuka dengan menyajikan makanan yang berkreasi
dan berinovasi sebagai pemimpin pasar didalam struktur persaingan Café &
Restaurant di Padang.
BAB
II
ASPEK
PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Potensi Pasar
Potensi
pasar yang paling besar adalah penduduk kota Padang yang berusia antara 15
tahun sampai 55 tahun.
PERSENTASE PENDUDUK KABUPATEN PAMEKSAN USIA 15 TAHUN KEATAS MENURUT JENIS KEGIATAN
DAN JENIS KELAMIN (%) TAHUN 2007
PERCENTAGE OF POPULATION AGED 15 AND OVER BY ACTIVITY AND SEX (%) ,2007
Penduduk
dan Kegiatan
|
Jumlah
Penduduk/Number of Population
|
||
Population
and activity
|
Laki-laki/Male
|
Perempuan/Female
|
Jumlah/Total
|
Penduduk Usia Kerja
|
100,00
|
100,00
|
100,00
|
Angkatan Kerja
|
81,66
|
49,92
|
65,31
|
Bekerja
|
74.25
|
43,82
|
58,57
|
Pengangguran
|
7,42
|
6,10
|
6,74
|
Bukan Angkatan Kerja
|
18,34
|
50,08
|
34,69
|
Sekolah
|
10,29
|
12,02
|
11,18
|
Mengurus RT
|
1,42
|
32,80
|
17,58
|
Lainnya
|
6,63
|
5,27
|
5,93
|
Sumber : BPS
Propinsi Sumatera Barat, Susenas 2007
2.2 Analisa Permintaan
Melihat
pada kebutuhan akan makanan, khususnya seafood
dan minuman dikalangan masyarakat dengan batasan umur 15 sampai 55 tahun, maka
diperkirakan kebutuhan akan jenis makanan tersebut akan meningkat. Minat
terhadap jenis makanan tersebut sekitar 40 % dari seluruh jenis makanan.
Sedangkan 60 % lagi minat terhadap jenis makanan lain seperti fastfood, traditional food, dan lainnya. Proyeksi minat terhadap jenis
makanan seafood pada masyarakat di kota Pamekasan madura
sebagai berikut :
Tabel Minat terhadap Jenis Makanan
di Kota Pamekasan
Madura
tahun 2005- 2008
No
|
Jenis
Makanan
|
||||
|
|
2005
|
2006
|
2007
|
2008
|
1
|
Seafood
|
33
|
35
|
34
|
36
|
2
|
Fastfood
|
32
|
35
|
32
|
33
|
3
|
Traditional
Food
|
15
|
8
|
8
|
10
|
4
|
Chinese
Food
|
18
|
20
|
23
|
20
|
5
|
Others
|
2
|
2
|
3
|
1
|
Dari data diatas dapat dilihat,
bahwa minat terhadap jenis makanan masyarakat meningkat setiap tahun ( 2005 –
2008 ) dengan rata – rata peningkatan 18,05 % pada tahun 2007 dan 18,45 % pada
tahun 2008. Diperkirakan minat terhadap makanan akan meningkat lagi pada tahun
2009 .
Rata- rata jumlah permintaan
jenis masakan pada jenis makanan seafood
perhari di sebuah restaurant adalah 80 pesanan, maka dalam satu tahun jumlah pesanan
di sebuah restaurant adalah 29.200 pesanan.
2.3 Analisa Pesaing
Pesaing dari usaha café dan restoran
ini adalah rumah makan atau restoran ternama yang telah berdiri dikota padang dengan berbagai
macam gaya dan tampilan.
No
|
Nama Pesaing
|
Deskripsi
Ringkas
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
1
|
Safari
Café & Restaurant
|
Berada
di Kawasan pinggir pantai Padang
yang menyajikan makanan dan minuman yang lengkap.
|
Tempat
di tepi pantai.
|
Harga
jual cukup mahal.
|
2
|
Nelayan
|
Berada
di kawasan pinggir pantai padang
yang menyajikan makanan seafood.
|
Tempat di tepi pantai.
|
Harga
jual cukup mahal, fasilitas penunjang kurang memadai.
|
2.4 Proses Penentuan Strategi Pemasaran
1.
Analisis Pasar
a. Menentukan posisi produk dalam product life cycle.
Posisi produk yang ditawarkan dalam product
life cycle berada dalam tahap pertumbuhan (growth) karena terdapat peluang yang bagus bagi perusahaan saingan
sejenis untuk memasuki pasar.
b. Menentukan berbagai faktor kunci
menyangkut tingkat persaingan dalam usaha jenis makanan seafood.
Menurut Kami, faktor kunci untuk kesuksesan bisnis jenis makanan seafood
adalah:
(i)
Harga.
Mayoritas penduduk kota Padang umumnya berada dalam taraf ekonomi menengah.
Dengan demikian, harga menjadi salah satu faktor utama dalam membeli suatu
produk. Sehingga kami optimis dengan menargetkan pangsa pasar semua kalangan.
(ii)
Kualitas.
Kualitas di sini dapat dianalogikan sebagai rasa. Untuk
itu kami telah menetapkan standar kualitas rasa untuk produk-produk kami yang
disuplai.
(iii)
Pelayanan.
Karena menargetkan pangsa pasar semua kalangan, kami juga
akan mengutamakan kualitas layanan yang diberikan. Hal ini dimaksudkan karena
konsumen mudah sekali beralih kepada produsen lain yang mempunyai power secara finansial untuk menuntut
dilayani lebih. Jika mereka tidak puas, maka akan dengan mudah sekali melakukan
komplain.
(iv) Promosi. Walaupun
hampir semua restaurant seafood yang
ada di kota Padang hampir tidak pernah melakukan promosi yang intensif, tetapi
kami yakin bahwa dengan promosi yang intensif akan menjadi competitive advantage perusahaan kami dan akan membangun image classy di mata konsumen sasaran
kami.
c.
Segmentasi dan pengelompokkan pasar.
(i)
Geografi
Target pangsa pasar Kami adalah konsumen yang berdomisili di kota Pamekasan
madura yang berasal dari kecamatan pademawu timur, Pamekasan Selatan, Pamekasan
Timur, Pamekasan Barat, Pamekasan Utara,
Demografi
Target pangsa pasar Kami adalah:
-
Pelajar Sekolah Menengah Atas dan mahasiswa, serta karyawan
kantoran dengan rentang usia dari 15 tahun sampai 27 tahun
-
Laki-laki dan perempuan
-
Dari semua agama
-
Dari semua kalangan masyarakat
2.
Analisis Persaingan
- Strenghts (Kekuatan)
Dengan promosi yang intensif, kami yakin akan dapat
membangun image perusahaan yang kuat
di mata pangsa pasar sebagai kafe yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan
mereka akan suasana yang nyaman serta produk yang kami tawarkan dengan harga yang terjangkau.
Kami juga melengkapi kafe dengan fasilitas berupa live musik dan Hotspot yang membedakan kafe kami dengan
kafe lain yang sejenis. Selain itu, Kami memiliki kelebihan lainnya dalam hal
penampilan produk yang berbeda dari produk saingan, yang lebih bervariasi dari
produk sejenis.
- Weaknesses (Kelemahan)
Kelemahan bisnis ini adalah karena cafe ini baru dibangun
jadi belum terlalu dikenal oleh masyarakat.
- Opportunities (Peluang)
Lokasi kafe yang strategis akan menjadi salah satu
peluang untuk mengundang banyak pengunjung untuk datang dan membeli produk
Kami. Selain itu, faktor lokasi yang dekat dengan pusat aktivitas masyarakat
seperti kedekatan dengan Toko Buku Gramedia, Damar Plaza, kampus STBA Prayoga
Padang, dan beberapa tempat kursus seperti Modern College, LP3M, Quantum,
Pusdikpar Bumi Minang, dan lain-lain. Selain itu, belum ada makanan berciri
khas sate seafood di lokasi sekitar pantai.
- Threats (Ancaman)
Hambatan untuk usaha jenis makanan seafood adalah adanya kemungkinan munculnya pesaing baru dalam
industri ini karena industri berada dalam tahap growth yang berarti pertumbuhan untuk memasuki industri ini masih
terbuka.
2.5 Pengembangan Pemasaran
1. Product
Dalam
kompetisi untuk memenangkan persaingan di suatu pasar, konsep kompetisi yang
lebih modern bukanlah kompetisi berdasarkan kepada produk yang dihasilkan oleh
berbagai perusahaan, tetapi berdasarkan tambahan yang dilakukan oleh suatu
perusahaan terhadap produk yang dihasilkannya dalam bentuk kemasan, layanan,
promosi, penyampaian produk kepada konsumen, dan hal-hal lainnya yang
dipersepsikan oleh konsumen memberi nilai tambah pada produk yang dihasilkan.
Berdasarkan
hal diatas, Kami memutuskan untuk menjadikan kemasan, layanan, dan promosi yang
unggul sebagai competitive advantage
perusahaan Kami.
a. Tampilan Penyajian
Kami akan memberikan penyajian yang eksklusif untuk produk kami. Penyajian yang kami maksud adalah:
(i)
Piranti
makan. Kami akan menggunakan piranti makan yang unik dan
menarik untuk konsumen yang ingin makan di tempat.
(ii)
Kemasan
pembungkus. Bagi konsumen yang ingin membawa pulang, maka Kami akan
menyediakan kotak kertas dengan desain yang elegan dilengkapi dengan kantong plastik
yang masing-masingnya dilengkapi dengan logo kafe Kami.
b. Layanan
Kami akan melatih karyawan tentang standar layanan yang harus mereka
berikan kepada konsumen. Bentuk standar layanan yang dapat kami gambarkan
adalah sebagai berikut:
i.
Senyum
yang ramah.
Ketika konsumen memesan makanan, kasir yang akan menerima dan menangani
pesanan mereka akan menyambut dengan senyuman dan sapaan yang hangat. Dengan
demikian, konsumen akan semakin merasa bahwa mereka benar-benar dilayani. Hal
ini juga akan mempengaruhi sisi psikologis konsumen untuk memesan lebih dari
apa yang sebenarnya mereka inginkan.
ii.
Ucapan
terima kasih.
Kasir yang telah menerima pembayaran dari konsumen akan mengucapkan terima
kasih kepada konsumen dan berharap mereka
kembali lagi untuk berkunjung.
2. Promotion
Untuk
membangun image kafe yang akan didirikan, kami akan melakukan promosi yang
gencar yang akan digambarkan pada poin promosi ini. Kami akan menggunakan
strategi menarik (pull strategy)
untuk mengundang konsumen untuk mengunjungi tempat kami dan melakukan
transaksi. Cara-cara promosi yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut:
(i)
Words
of mouth. Satisfied customers will be the most effective company’s
sales forces.
(ii)
Iklan
melalui radio remaja; seperti karimata FM, suara pamekasan FM, Ray Station,
Boos FM, dan Classy FM. Classy FM adalah radio dengan pangsa pasar kalangan
eksekutif muda dan karyawan kantoran. Tetapi berdasarkan pantauan langsung kami
di lapangan, tidak sedikit juga pelajar dan mahasiswa yang mendengarkan radio
ini.
(iii)
Pamflet
dan poster. Kami akan menempelkan pamflet dan poster di
sekolah-sekolah dan kampus, serta tempat-tempat umum seperti pusat
perbelanjaan. Kami hanya akan memilih tempat-tempat umum yang dapat mewakili image kafe kami kepada konsumen yang kami
sasar.
(iv)
Iklan
pada media cetak. Kami akan melakukan promosi pada surat kabar-surat kabar
lokal dan pada majalah atau buletin sekolah dan kampus. Kami akan memilih
halaman depan untuk mempromosikan kafe kami. Dengan demikian, image eksklusif akan semakin terbangun.
(v)
Sponsorhip. Kami akan
mendukung acara-acara remaja seperti festival band, konser musik, balap motor
dan mobil, dan acara-acara sejenis. Bentuk dukungan yang diberikan akan
dilakukan berdasarkan kontrak dengan pihak penyelenggara.
3. Price
Sesuai dengan konsep bisnis kami yang menyasar pada semua kalangan
masyarakat, maka kami akan menetapkan harga yang terjangkau dan disesuaikan dengan
produk yang kami tawarkan dan kami akan menciptakan atmosfer dan image yang sederhana namun elegan untuk
produk kami. Hal ini dimulai dengan jenis makanan itu sendiri yang notabenenya
adalah makanan seafood. Kemudian diikuti dengan tempat yang elegan dan
eksklusif. Walaupun demikian, harga yang kami bebankan kepada calon konsumen masih
dalam batas kemampuan target pangsa pasar ; yaitu kira-kira Rp 10.000 s/d
15.000 per porsi. Dan kami menganggap hal ini masih dapat diterima karena
selain menjual produk, kami juga menjual image;
yang tentu saja tidak murah.
2.6 Rencana dan Strategi
- Produk
Sa_Shi food Café & Restaurant akan meyajikan berbagai macam masakan seafood
yang higienis dan fresh dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau. Dengan
mengutamakan jenis masakan sate seafoood sebagai menu spesial. Serta
minuman panas dan dingin yang diolah dari buah yang segar.
- Target Market
Calon konsumen yang
kami jadikan target pasar melingkupi dua segmen yaitu segmen keluarga dan
segmen anak muda dengan karakteristik sebagai berikut :
1.
Keluarga
Keluarga
yang berdomisili di kota Padang dan sekitarnya yang biasa menyempatkan
diri menghabiskan waktu luang bersama dengan mencari suasana diluar rumah.
2.
Anak
Muda
Yaitu mereka yang senang
menghabiskan waktu santai bersama teman-temannya dengan menyantapi hidangan
sambil menikmati indahnya suasana pantai.
- Harga Makanan dan Jenis makanan yang akan ditawarkan :
1. Menu special
- Makanan :
- Sate udang saus tiram : Rp. 20.000 / porsi
- Sate cumi saus lada hitam : Rp. 20.000 / porsi
- Sate lokan saus padang : Rp. 20.000 / porsi
- Minuman :
·
Ice
kece : Rp. 9.000
·
Jus
Rainbow : Rp. 8.000 (mix sesuai selera,
2 – 3 mix)
2. Menu pilihan
- Makanan :
- Seafood goreng : Rp. 20.000
- Cah kangkung hot plate : Rp. 8.000
- Sop seafood : Rp. 20.000
- Nasi putih : Rp. 3.000
- Minuman :
·
Jus
tomat : Rp. 6.000
·
jus
jeruk : Rp. 6.000
·
jus
alpukat : Rp. 6.000
·
jus
melon : Rp. 6.000
·
jus
semangka : Rp. 6.000
·
jus
terong belanda : Rp. 6.000
·
jus
mangga : Rp. 6.000
·
air
mineral : Rp. 3.000
·
soft
drink : Rp. 5.000
BAB
III
ASPEK
TEKNIS dan OPERASIONAL
3.1 Program Produksi
Program produksi ini bertujuan untuk
mendefenisikan tingkatan output yang
akan dihasilkan dalam periode tertentu dengan memperhatikan kapasitas produksi.
Kajian program produksi yang dilakukan adalah untuk menentukan berapa jumlah
produk yang akan dipasok setiap hari oleh suppliers.
Sebelumnya akan dijelaskan terlebih
dahulu tentang kapasitas atau kesanggupan untuk melayani konsumen yang pada
akhirnya akan menentukan kapasitas penuh kafe kami dengan asumsi-asumsi berikut
ini:
a.
Waktu buka dan tutup kafe adalah dari pukul 15.00 WIB
sampai pukul 24.00 WIB.
b.
Kapasitas penuh kafe adalah sebanyak 64 orang.
c.
Konsumen akan berada di kafe maksimal selama dua jam.
d.
Perputaran konsumen yang memakai satu meja dalam satu
hari adalah lima kali; 9 jam / 2 jam = 4,5 kali = 5 kali
3.2 Penentuan Lokasi Perusahaan
Untuk lokasi yang ideal, kami memilih
lokasi di tepi pantai Pamekasan sebagai lokasi kafe. Hal ini didasarkan pada:
a.
Kestrategisan lokasi tersebut yang berada di pinggir
pantai kota Pamekasan, yang memberikan suasana keindahan tepi pantai kota
Pamekasan.
b.
Dekatnya faktor lokasi yang dekat dengan pusat aktivitas
masyarakat seperti kedekatan dengan Toko Buku Gramedia, Damar Plaza, kampus
UNIRA Prayoga Padang, dan beberapa tempat kursus seperti Modern College, LP3M,
Quantum, Pusdikpar Bumi Minang, dan lain-lain.
3.3 Lokasi dan desain cafe
Restoran
berlokasi di daerah pinggir pantai kota
padang diatas areal lahan degan luas 350 meter persegi dan dengan luas bangunan
300 meter persegi. Lokasi restoran
teletak di pinggir pantai padang yang merupakan salah satu tempat hiburan dan
rekreasi di kota padang yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat baik di hari biasa maupun hari libur.
Gedung ini dibangun dengan format 1
lantai dengan hotspot dan live musik. Ruangan dikelilingi oleh kaca transparan yang
menghadap ke laut dan menghadirkan suasana yang berbeda karena dilengkapi
dengan live musik, sehingga konsumen dapat menikmati pemandangan pantai secara langsung sambil menyantap hidangan dan
menikmati fasilitas yang tersedia. Lantai ini dibagi atas dua area yaitu area smoking dan no
smoking. Diantara kedua sisi ruangan ini dibatasi oleh kaca tranparan sehingga
konsumen di area no smoking juga dapat menikmati live musik, dan juga
dilengkapi dengan fasilitas Hotspot gratis bagi pelanggan. Pada bagian belakang
terdapat ruangan untuk dapur dan meja bartender.
Hal
ini akan menjadi pasar yang sangat
potensial karena lokasi restoran ini berada dipusat keramaian kota padang,
disamping itu lokasi ini juga berdekatan dengan supplier bahan baku, dan
konsumen.
3.4 Supplier Bahan Baku
Jenis bahan baku
|
Deskripsi
|
Lokasi supplier bahan baku
|
Bahan baku utama
|
Kepiting
Udang
Cumi-cumi
Beras
|
TPI – Bungus
TPI – Bungus
TPI - Bungus
Solok
|
Bahan
Baku Pembantu
|
Sayur Mayur
Buah-buahan
Bahan tambahan lainnya
|
Padang
Panjang
Padang
Padang
|
BAB
IV
ASPEK
MANAJEMEN dan ORGANISASI
4.1 Pengertian
Aspek manajemen dan organisasi ini
akan membahas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan terjaminnya kelancaran
persiapan pembangunan serta pengelolaan usaha dalam tahap operasionalisasi.
4.2 Manajemen dan Struktur Organisasi
Kekuatan
mendasar usaha ini terletak pada komitmen manajemen restoran yang berorientasi
untuk menciptakan kepuasan pelanggan melalui menu-menu makanan maupun minuman
dan komitmen untuk memberikan kesejahteraan kepada para karyawannya.
Posisi Manager
akan diisi oleh orang yang telah ahli dalam menganalisis keuangan perusahaan.
Serta memiliki antusias yang tinggi dalam mengembangkan usaha ini dan juga
pernah mengelola bisnis yang serupa. Disamping itu mempunyai banyak relasi dan juga
sering mengikuti “event-event” dan
seminar-seminar baik nasional maupun internasional.
Struktur
manajemen ““Sa_Shi food caFe ‘SaE SleRa”akan dibagi
menjadi 4 bidang, yaitu keuangan, produksi, dan SDM. Dimana 3 bidang ini akan
dibawahi oleh Manager.
“Sa_Shi
food caFe ‘SaE SleRa”akan memakai 5 orang pelayan dan 2 orang kasir, selain
itu untuk bagian produksi akan di pakai 2 orang Super Cheff atau ahli masak makanan seafood
dan 3 orang asisten Cheff, yang memilki banyak pengalaman dan keahlian dalam
membuat masakan. Dengan latar belakang pengalaman bekerja di Hotel – hotel dan
Restoran bertaraf Internasional yang berada di Indonesia. Untuk melengkapi
kenyamanan pelanggan akan disuguhi Live musik dengan memakai 1 group musisi /
band cafe.

Struktur organisasi Sa_Shi FoOd Cafe n RestO
4.3
Kebutuhan Tenaga Kerja
No.
|
Jenis Pekerjaan
|
Pendidikan
|
Umur
|
Jumlah
|
Kompensasi/Bln
|
1.
|
Manager
|
Min S1
|
Min 23 thn
|
1 org
|
Rp 2.000.000
|
2.
|
Super Cheff
|
Min D3
|
Min 25 thn
|
2 org
|
Rp 3.000.000
|
3
|
Asisten Cheff
|
Min D1
|
Min 23 thn
|
3 org
|
Rp. 2.100.000
|
4.
|
Kasir
|
Min SLTA
|
Min 23 thn
|
2 org
|
Rp. 1.200.000
|
5.
|
Waitress / pelayan
|
Min SLTA
|
Min 18 thn
|
5 org
|
Rp. 3.500.000
|
6.
|
Musisi
|
-
|
-
|
1 grup
|
Rp. 1.200.000
|
Total
|
Rp. 13.000.000
|
Ket: Gaji pelayan @ Rp.700.000,
gaji Super Cheff @ Rp.1.500.000, gaji
asisten cheff @ Rp. 700.000, gaji kasir Rp. 600.000
BAB
V
Aspek
Hukum Dan Legalitas
5.1 Badan Hukum
Organisasi
Setelah mempertimbangkan skala usaha dan juga
tujuan pendirian organisasi maka diputuskan bahwa bentuk badan hukum yang
paling sesuai untuk organisasi yang akan didirikan ini adalah Perseroan
Terbatas (PT).
5.2
Jenis-Jenis Perijinan yang Diperlukan
Untuk mendapatkan legalitas usaha, maka organisasi harus mendapatkan
perijinan dalam melakukan operasinya. Prosedur pendirian Perseroan Terbatas
adalah sbb:
1. Membuat Akta
Notaris di Notaris yang berkantor di wilayah setempat. Persyaratan untuk
membuat Akta Notaris antara lain:
a. Fotocopy KTP para pendiri perseroan
b. Draft anggaran dasara yang sudah ditandatangani pendiri
2. Melakukan pendaftaran ke Pengadilan Negeri
dengan membawa Akta Notaris yang sudah
ditantangani oleh para pendiri
3. Menyampaikan pemohonan untuk menjadi Wajib
Pajak Badan di Kantor Pajak setempat dengan menyerahkan Akta Notaris yang
dilegalisasi oleh Pengadilan Negeri setempat
4. Melakukan pendaftaran ke Dinas
Perdagangan/Perindustrian dengan membawa Akta Notaris yang dilegalisasi oleh
pengadilan
5. Mendatangi kantor
Departemen Kehakiman dan HAM RI di Jakarta untuk membuat ijin penggunaan nama
dan pengesahan oleh Menteri Kehakiman dan HAM Ri dengan membawa persyaratan
sbb:
a. Akta Notaris
b. NPWP
c. Fotocopy KTP Pendiri
Sedangkan
bentuk perijinan yang dibutuhkan antara lain:
1. Akta Notaris
2. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Kelurahan/Kecamatan setempat
3. Surat Ijin Tempat Usaha (SITU)
4. Ijin lokasi berupa Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) oleh Kepala Daerah
setempat
5. Ijin Gangguan (HO) dari Kepala Daerah
6. Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) dan
Ijin Penggunaan Gedung
Bab VI
Aspek Keuangan
Ø Perkiraan jumlah penjualan
Jumlah pengunjung
|
Jenis penjualan
|
Asumsi
konsumen
|
Konsumen
|
Rata-rata pembelian
|
Jlh pembelian/hari
|
Jlh pembelian/bln
|
200 org
|
Sate seafood
|
70 %
|
140
|
Rp. 20.000
|
Rp. 2.800.000
|
Rp. 84.000.000
|
Seafood goreng
|
20 %
|
40
|
Rp. 20.000
|
Rp. 800.000
|
Rp. 24.000.000
|
|
Sop seafood
|
10 %
|
20
|
Rp. 20.000
|
Rp. 400.000
|
Rp. 12.000.000
|
|
Cah kangkung
|
40 %
|
80
|
Rp. 8.000
|
Rp. 640.000
|
Rp. 19.200.000
|
|
Nasi putih
|
80 %
|
160
|
Rp. 3.000
|
Rp. 480.000
|
Rp. 14.400.000
|
|
Ice kece
|
50 %
|
100
|
Rp. 9.000
|
Rp. 900.000
|
Rp. 27.000.000
|
|
Jus rainbow
|
10 %
|
20
|
Rp. 8.000
|
Rp. 160.000
|
Rp. 4.800.000
|
|
Jus biasa
|
10 %
|
20
|
Rp. 6.000
|
Rp. 120.000
|
Rp. 3.600.000
|
|
Soft drink
|
30 %
|
60
|
Rp. 5.000
|
Rp. 300.000
|
Rp. 9.000.000
|
|
Air mineral
|
75 %
|
150
|
Rp. 3.000
|
Rp. 450.000
|
Rp. 13.500.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 7.050.000
|
Rp. 211.500.000
|
Ø Harga pokok penjualan (HPP)
1. Persen HPP
ü Sate
seafood :
X 100% : 50%

100%
- 50% : 50%
ü
Seafood goreng
:
X 100% : 50%

100% - 50% : 50%
ü
Sop
seafood :
X 100% :
50%

100%
- 50% : 50%
ü
Cah
kangkung :
X 100% :
68,7%

100%
- 68,7% :
31,3%
ü
Nasi
putih :
X 100% :
66,7%

100% - 66,7% :
33,3%
ü Ice
kece :
X 100% : 69,3%

100% - 69,3% :
30,7%
ü Jus
rainbow :
X 100% : 62,5%

100% - 62,5% : 37,5%
ü Jus
biasa :
X 100% : 50%

100% - 50% :
50%
ü Soft
drink :
X 100% : 70%

100% - 70% :
30%
ü Air
mineral :
X 100% : 66,7%

100% - 66,7% :
33,3%
2. HPP untuk penjualan
ü
Sate
seafood : 50% X Rp. 84.000.000 :
Rp.42.000.000
ü
Seafood
goreng : 50% X Rp. 24.000.000 : Rp.
12.000.000
ü
Sop
seafood : 50% X Rp. 12.000.000 : Rp. 6.000.000
ü Cah
kangkung : 31,3% X Rp.
19.200.000 : Rp. 6.009.600
ü Nasi
putih : 33,3% X Rp.
14.400.000 : Rp. 4.795.200
ü
Ice
kece : 30,7% X Rp.
27.000.000 : Rp. 8.289.000
ü
Jus
rainbow : 37,5% X Rp.
4.800.000 : Rp. 1.800.000
ü
Jus
biasa : 50% X Rp.
3.600.000 : Rp. 1.800.000
ü
Soft
drink : 30% X Rp.
9.000.000 : Rp. 2.700.000
ü
Air
mineral : 33,3% X Rp.
13.500.000 : Rp. 4.495.500
TOTAL HPP : Rp. 89.889.300
: 39,61%
Ø
Investasi fisik
No
|
Item
kebutuhan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
Harga (Rp)
|
Total (Rp)
|
1
|
Bangunan
|
Beli
tanah & bangun café
|
1
lantai
|
922.000.000
|
922.000.000
|
2
|
Furnitur
|
Meja + kursi
(6 org)
|
4 unit
|
3.000.000
|
12.000.000
|
Meja + kursi
(4 org)
|
4 unit
|
2.000.000
|
8.000.000
|
||
Meja + kursi
(2 org)
|
4 unit
|
1.500.000
|
6.000.000
|
||
Sofa
|
2 unit
|
5.600.000
|
11.200.000
|
||
Meja kasir + mesin
|
1 unit
|
1.550.000
|
1.550.000
|
||
Meja manager
|
1 unit
|
1.000.000
|
1.000.000
|
||
Lemari investasi
|
1 unit
|
700.000
|
700.000
|
||
Aksesoris ruangan
|
|
7.000.000
|
7.000.000
|
||
3
|
Perlengkapan dan peralatan
|
Peralatan dapur
|
1 unit
|
155.000.000
|
155.000.000
|
Perlengkapan kebersihan
|
1 unit
|
500.000
|
500.000
|
||
Alat pemadam api
|
2 unit
|
1.000.000
|
2.000.000
|
||
Komputer + printer
|
1 unit
|
4.500.000
|
4.500.000
|
||
Pesawat telp
|
2 unit
|
200.000
|
400.000
|
||
Perlengkapan musik
|
1 unit
|
25.000.000
|
25.000.000
|
||
Alat kredit card
|
1 unit
|
130.000
|
130.000
|
||
Wifi + modem
|
1 unit
|
1.000.000
|
1.000.000
|
||
AC
|
3 unit
|
3.000.000
|
9.000.000
|
||
Generator
|
1 unit
|
3.000.000
|
3.000.000
|
||
4
|
Advertising
|
Billboard
|
1
|
1.200.000
|
1.200.000
|
5
|
Asuransi
|
|
|
5.000.000
|
5.000.000
|
6
|
Perizinan
|
|
|
1.000.000
|
1.000.000
|
TOTAL
|
1.177.180.000
|
Ø Biaya langsung
No
|
Pegawai
|
Jumlah
(orang)
|
Gaji / bln
(Rp)
|
Jumlah
(RP)
|
1
|
Manager
|
1
|
2.000.000
|
2.000.000
|
2
|
Cheff
|
2
|
1.500.000
|
3.000.000
|
3
|
Asisten cheff
|
3
|
700.000
|
2.100.000
|
4
|
Waitter / pelayan
|
5
|
700.000
|
3.500.000
|
5
|
Kasir
|
2
|
600.000
|
1.200.000
|
6
|
Musisi
|
5
|
|
1.200.000
|
|
Biaya / bulan
|
18
|
Jumlah
|
13.000.000
|
|
Biaya pegawai
Untuk 1 Tahun
|
|
|
|
1
|
Gaji pegawai
|
18
|
13.000.000
|
156.000.000
|
2
|
THR 1 bln gaji
|
|
13.000.000
|
13.000.000
|
3
|
Pakaian seragam
|
18
|
150.000
|
2.700.000
|
4
|
Honor tahunan
(5% dari omset)
|
|
|
10.575.000
|
TOTAL
|
182.275.000
|
Ø Biaya tidak langsung
No
|
Item
|
Harga satuan (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
1
|
Telephon
|
300.000
|
300.000
|
2
|
Listrik
|
3.000.000
|
3.000.000
|
3
|
Wifi
|
700.000
|
700.000
|
4
|
Air
|
600.000
|
600.000
|
5
|
Perawatan alat
|
300.000
|
300.000
|
6
|
Alat kartu kredit
|
30.000
|
30.000
|
Biaya perbulan
|
4.930.000
|
||
Biaya 1 thn
|
59.160.000
|
Ø Rekapitulasi biaya
No
|
Item biaya
|
1 bulan
(Rp)
|
1 tahun
(Rp)
|
1
|
Biaya langsung
|
13.000.000
|
182.275.000
|
2
|
Biaya tidak langsung
|
4.930.000
|
59.160.000
|
3
|
Biaya pajak + asuransi
|
|
3.600.000
|
4
|
Biaya promosi
|
|
2.000.000
|
5
|
Biaya ATK
|
256.000
|
3.072.000
|
6
|
Biaya lain-lain
|
|
3.000.000
|
|
|
18.186.000
|
253.107.000
|
Ø Profit margin
1. profit margin perbulan
Penjualan : Rp. 211.500.000 100%

Margin :
Rp. 121.610.700 57,5%

Rp. 103.424.700 48,9%
2. profit margin tahun pertama
Penjualan : Rp. 2.538.000.000 100%

Margin : Rp. 1.459.328.400 57,5%

Rp. 1.206.221.400 47,53%
Ø Fix cost tahunan
Tahun ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Gaji tiap tahun naik 10%
|
Rp.156.000.000
|
Rp.171.600.000
|
Rp.188.760.000
|
Rp.207.636.000
|
Rp.228.339.600
|
THR tiap tahun naik 10%
|
Rp.13.000.000
|
Rp.14.300.000
|
Rp.15.730.000
|
Rp.17.303.000
|
Rp.19.033.300
|
Pakaian seragam
|
Rp.2.700.000
|
Rp.2.700.000
|
Rp.2.700.000
|
Rp.2.700.000
|
Rp.2.700.000
|
Biaya tidak langsung naik 5%
|
Rp.59.160.000
|
Rp.62.118.000
|
Rp.65.223.900
|
Rp.68.485.095
|
Rp.71.909.350
|
Biaya pajak naik 5%
|
Rp.1.600.000
|
Rp.1.680.000
|
Rp.1.764.000
|
Rp.1.852.200
|
Rp.1.944.810
|
Biaya asuransi
|
Rp.2.000.000
|
Rp.2.000.000
|
Rp.2.000.000
|
Rp.2.000.000
|
Rp.2.000.000
|
Biaya ATK naik 2%
|
Rp.3.072.000
|
Rp.3.133.440
|
Rp.3.196.109
|
Rp.3.260.031
|
Rp.3.325.232
|
Biaya lain-lain naik 2%
|
Rp.3.000.000
|
Rp.3.060.000
|
Rp.3.121.200
|
Rp.3.183.624
|
Rp.3.247.296
|
Proeit margin
|
Rp.240.532.000
|
Rp.260.591.440
|
Rp.282.495.209
|
Rp.306.419.950
|
Rp.332.499.588
|
Ø Cash flow tahunan
Tahun ke
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Penjualan total
|
Rp.2.538.000.000
|
Rp.3.172.500.000
|
Rp.3.965.625.000
|
Rp.4.917.375.000
|
Rp.6.097.545.000
|
Kenaikan / tahun
|
|
25%
|
25%
|
24%
|
24%
|
HPP 42,5%
|
Rp.1.078.671.600
|
Rp.1.348.312.500
|
Rp.1.685.390.635
|
Rp.2.089.884.375
|
Rp.2.591.456.625
|
Selisih margin
|
Rp.1.459.328.400
|
Rp.1.824.187.500
|
Rp.2280.234.375
|
Rp.2.827.490.625
|
Rp.3.506.088.375
|
Biaya (naik 5%)
|
Rp.253.107.000
|
Rp.265.761.350
|
Rp.279.050.476,5
|
Rp.293.002.990,9
|
Rp.293.700.617,1
|
Profit margin
|
Rp.1.206.221.400
|
Rp.1.558.425.150
|
Rp.2.001.183.907,5
|
Rp.2.534.487.634
|
Rp.3.212.387.757,9
|
Ø Pay back periode
Thn
|
Net benefit
(Rp)
|
DF
(17%)
|
Present value 1
(Rp)
|
KPV 2
(Rp)
|
DF
(19%)
|
Present value 2
(Rp)
|
KPV 2
(Rp)
|
0
|
|
|
|
1.177.180.000
|
|
|
|
1
|
1.206.221.400
|
0,87
|
1.049.412.618
|
127.767.382
|
0,86
|
1.037.350.404
|
139.829.596
|
2
|
1.558.425.150
|
0,76
|
1.184.403.114
|
-1.056.635.732
|
0,73
|
1.137.650.360
|
-997.820.764
|
3
|
2.001.183.907,5
|
0,66
|
1.320.781.379
|
-2.377.417.111
|
0,62
|
1.240.734.022
|
-2.238.554.786
|
4
|
2.534.487.634,1
|
0,57
|
1.444.657.951
|
-3.822.075.062
|
0,53
|
1.343.278.446
|
-3.581.833.232
|
5
|
3.212.387.757,9
|
0,49
|
1.574.070.001
|
-5.396.145.063
|
0,46
|
1.477.698.368
|
-5.059.531.600
|
Jadi, pay back periode (PBP) :
X 12 bulan : 10,771 bln

0,771 X 30 hari : 23,13 hari
PBP pada tahun ke 2, bulan ke 10, hari ke 23
Ø
IRR
![]() |
||
![]() |
= 17% +
1,086% = 18,086%
BAB VII
KESIMPULAN
Berdasarkan uraian dan analisa pada bab-bab sebelumnya, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Segi pasar, minat
terhadap jenis makanan seafood terus meningkat setiap tahunnya dengan target segmen pasar yang ingin
dicapai adalah keluarga dan anak muda yang berusia 15 tahun ke atas (15 – 55
thn). Walaupun secara analisa, usaha sejenis ini masih akan terus berkembang
karena memiliki peluang yang besar. Namun dengan kualitas, pelayanan, fasilitas
dan variasi yang di berikan Sa_shi
food cafe n resto, kami yakin usaha ini dapat terus berkembang.
2. Segi perekonomian, dengan
di bukanya Sa_shi food cafe n resto,
dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, selain itu juga dapat
meningkatkan pendapatan nelayan karena cafe kami mengambil stock bahan baku
seafood langsung dari nelayan. Sehingga secara tidak langsung juga dapat
membantu pemerintah dalam program meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
3. Segi hukum, dengan
izin yang kuat dan diakui oleh hukum sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT)
maka kami yakin perusahaan dapat berkembang lebih efisien dan efektif.
4. Segi produk, bahan
baku yang kami gunakan dapat diperoleh dari nelayan dengan kualitas tinggi,
mutu terjamin dan harga terjangkau.
5. Segi lokasi, lokasi
yang kami gunakan letaknya cukup strategis karena Lokasi merupakan tempat yang
sering dikunjungi masyarakat setiap hari, sehingga kami yakin dapat menarik
konsumen.
6. Segi manajemen SDM,
memperkerjakan orang-orang yang telah ahli di bidangnya dengan gaji yang telah
disesuaikan dengan latar belakang, pengalaman dan juga budget perusahaan,
karena produk yang kami jual memiliki kualitas yang baik.
7. Segi promosi dan service
yang ditawarkan. Sa_shi food cafe
sae slera tidak hanya menjual produk, tapi kami juga
menjual image, oleh karena itu kami melakukan promosi yang gencar dan
memberikan service yang terbaik bagi setiap pelanggan dengn harga yang
terjangkau, kualitas yang baik , interior desain yang nyaman dengan atmosfer
sederhana namun terlihat elegan dan fasilitas berupa live musik setiap weekend
dan hotspot gratis yang akan menambah kenyamanan pelanggan.
Dengan analisa dari semua segi, maka
kami yakin Sa_shi food cafe sae slera
dapat berkembang dengan baik dan memiliki image yang baik pula dari masyarakat
kota padang.
Lampiran 1. Brosur
Lampiran 2. Denah ruangan

yang dantaa lahhhhhhhh
BalasHapus